Beranda » Paket Seminar » Seminar Literasi Digital “Menjadi Cakap Digital”

Seminar Literasi Digital “Menjadi Cakap Digital”

T Diposting oleh pada 29 Desember 2022
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 45 kali

Sekarang, era banjir informasi (information overload).  Orang begitu mudah mendapatkan informasi. Bahkan gratis. Yang menjadi masalah? Apakah dengan kemudahan demikian kualitas hidup meningkat? Apakah orang menjadi lebih produktif dengan menghasilkan beragam karya? Apakah orang kemudian menjadi lebih cerdas dan kritis? Apakah orang juga menjadi lebih sejahtera secara finansial? Kalau ternyata tidak, maka ini adalah masalah. Penyebabnya, bisa jadi orang tidak cakap digital. Itu sebabnya kecakapan digital atau  keterampilan digital diperlukan dalam kehidupan keseharian.

UNESCO menjelaskan tentang literasi digital yang berhubungan dengan life skills (kecakapan). Kemampuan ini tak hanya melibatkan teknologi saja, tetapi kemampuan untuk belajar, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif untuk kompetensi digital. Kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya.

Mencermati kondisi demikian, Akademi Komunikasyik hadir untuk berkontribusi membumikan konsep-konsep literasi digital untuk masyarakat. Kami menggelar event Seminar Literasi Digital dengan tema “Menjadi Cakap Digital”. Sebuah event singkat sebagai pemantik peserta tentang pentingnya literasi digital sehingga masyarakat bisa menjadi lebih kritis, cerdas dan produktif dalam menyikapi dunia digital di tanah air.

Maksud dan Tujuan

  1. Peserta memahami pengertian Literasi Digital
  2. Peserta memahami pentingnyaLiterasi Digital
  3. Peserta mengetahui perkembangan digital terkini
  4. Peserta paham konsep-konsep kunci Literasi Digital
  5. Peserta bisa mempraktikkan Literasi Digital dalam kehidupan keseharian

Materi

  1. Pengertian Literasi Digital
  2. Urgensi Literasi Digital
  3. Indeks Literasi Digital Terbaru
  4. Konsep Kunci Literasi Digital
  5. Praktik Literasi Digital

Pemateri

Yons Achmad. Penulis, trainer dan konsultan komunikasi. 10 tahun berpengalaman dalam dunia praktisi  komunikasi. Aktivis dan praktisi Literasi Digital. Penulis buku “Menjadi Cakap Digital”. Saat ini bekerja sebagai trainer sekaligus CEO PT Akademi Komunikasyik Indonesia.

Nah, bagi Anda seorang individu, lembaga, perusahaan, institusi pendidikan, instansi pemerintah yang ingin menggelar Seminar Literasi Digital dengan tema “Menjadi Cakap Digital”, kami dari Akademi Komunikasyik siap hadir menjadi salah satu narasumber dalam seminar tersebut. Untuk keterangan lengkapnya bisa hubungi kami. Terimakasih.

Salam
Yons Achmad
Penulis | Trainer
Founder & CEO Akademi Komunikasyik
www.komunikasyik.com
WA:082123147969

 

Belum ada Komentar untuk Seminar Literasi Digital “Menjadi Cakap Digital”

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Seminar Literasi Digital “Menjadi Cakap Digital”

Seminar Gerakan Literasi Sekolah

T 28 Desember 2022 F A admin

Mengacu publikasi internasional, prestasi literasi siswa di Indonesia  memprihatinkan. Survei  PIRLS 2011 International Results in Reading, Indonesia menduduki peringkat ke-45 dari 48 negara peserta dengan skor 428 dari skor rata-rata 500 (IEA, 2012). Temuan lain, uji literasi membaca dalam PISA... Selengkapnya

Seminar Literasi Media “Penyiaran Ramah Anak”

T 28 Desember 2022 F A admin

Seminar Literasi Media “Penyiaran Ramah Anak” Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 pasal 10 menyebutkan bahwa setiap anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silakan hubungi kami untuk informasi lengkapnya.

Talkshow Komunikasyik: Kreativitas Digital Raih Finansial

Talkshow Komunikasyik: Komunikasi Wisata Pandemi

Talkshow Komunikasyik: Berkomunikasi dengan Al-Quran