Beranda » Review Komunikasyik » Resensi Buku: Saatnya Berani Berkata Benar Pada Penguasa

Resensi Buku: Saatnya Berani Berkata Benar Pada Penguasa

T Diposting oleh pada 15 Maret 2022
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 373 kali

Saatnya Berani Berkata Benar Pada Penguasa
Oleh:Yons Achmad
(Kolumnis. Pendiri Komunikasyik.com)

Judul Buku: Parrhesia: Berani Berkata Benar
Penulis: Michel Foucault
Penerbit: Marjin Kiri
Tebal: 210 halaman

Michel Foucault (1926-1984), salah satu pemikir terbesar Prancis abad ke-20.  Teori-teorinya mengurai hubungan antara kekuasaan dan pengetahuan.  Bagaimana mereka digunakan sebagai kontrol sosial melalui institusi-institusi kemasyarakatan. Ia menampik label pascamodern dan pasca strukturalis yang disematkan padanya. Dia lebih suka menyebut pemikirannya sebagai sejarah kritis modernitas. Karya-karyanya berpengaruh besar pada bidang kajian budaya, sosiologi, dan teori kritis. Foucault sering disebut sebagai “Intelektual Militan” yang giat berdemonstrasi menentang pelanggaran hak-hak asasi manusia.

Buku yang berjudul Parrhesia ini adalah tulisan yang disusun dari rekaman ceramahnya. Sebelumnya, ceramah ini adalah bagian dari Seminar Foucault dalam rangka mempelajari konsep Yunani tentang Parrhesia atau “Keterusterangan dalam berbicara kebenaran”.

Sementara, orang yang menggunakan parrhesia, yakni parrhesiastes: adalah orang yang menyatakan segala sesuatu yang ia pikirkan dan tidak menyembunyikan apapun, tetapi membuka hati dan pikirannya sepenuhnya kepada orang lain melalui wacananya.

Orang dikatakan menerapkan parrhesia hanya jika terdapat risiko atau bahaya dalam mengungkap kebenaran. Misalnya, dari sudut pandang Yunani, seorang guru tatabahasa mungkin menyampaikan kebenaran kepada anak-anak didiknya. Tetapi, ia bukan seorang parrhesiastes. Namun, tatkala seorang filsuf berbicara di hadapan seorang tiran dan menegaskan kepadanya bahwa tiran tidak sejalan dengan keadilan dan kebenaran, maka sang filsuf telah berbicara benar, percaya bahwa ia telah berbicara benar, dan lebih dari itu, juga mengambil risiko.

Buku ini, kini sejatinya sangat relevan menjadi bacaan dan dipraktikkan (diamalkan). Kita dihadapkan pada kekuasaan yang sudah melampaui batas. Banyak sekali beragam kebijakan yang mengolok-olok nalar kritis masyarakat. Hanya sedikit yang berani berbicara lantang dan berkata tidak pada penguasa. Dari yang sedikit itu, sebagian besar masuk penjara. Dalam kondisi semacam ini, sebenarnya demokrasi telah mati. Intelektual kampus, orang-orang berpendidikan, memilih diam dalam rangka mencari aman. Padahal, tahu betul kekuasaan dijalankan dengan begitu amburadul, sembarangan dan mengesampingkan akal sehat.

Buku ini, sebenarnya bisa menjadi referensi bagi kaum pergerakan untuk menyalakan akal sehat kembali dan berani berkata benar pada penguasa (Speak Truth to Power).  Sayangnya, fakta yang ada, anak-anak “kiri” sebagai sasaran buku ini kini lebih banyak hanya sekadar menjadi “Anjing Ompong”. Tak lagi menjadi “Watchdog” alias anjing pengawas bagi kekuasaan. Sungguh, sebuah potret pergerakan yang menyedihkan.  Kabar baiknya,  di tengah kering kerontang pergerakan, hadir tokoh-tokoh yang berani berkata tidak pada penguasa. Siapa mereka? Suka atau tidak suka, sebut mereka ulama. Merekalah kini penyelamat akal sehat. Yang berani berkata tidak pada penguasa, walau kemudian beberapa diantaranya harus berakhir di penjara.  []

Belum ada Komentar untuk Resensi Buku: Saatnya Berani Berkata Benar Pada Penguasa

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

a Artikel Terkait Resensi Buku: Saatnya Berani Berkata Benar Pada Penguasa

Adab Bermedia Sosial

T 15 Desember 2020 F A admin

Adab Bermedia Sosial(Sebuah Terobosan Menjadi Manusia Profetik)Oleh: Yons AchmadWA: 082123147969(Praktisi Komunikasi. Pendiri Komunikasyik.com) Judul Buku : Adab dan Fiqih Bermedia SosialPenulis : Ir. Munawar, Ph.D.Penerbit: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa DepokTebal: 287 halamanTahun Terbit: September 2020 Bagi orang Islam, menjadi muslim... Selengkapnya

(Resensi Buku) Mendengar Cerita Tunanetra

T 18 November 2021 F A admin

Judul Buku: Metamorfosis Penulis: Yons Achmad dkk Penerbit: Yayasan Mitra Netra, Jakarta Tahun Terbit: Oktober 2021 Tebal: 142 Halaman Di usianya yang ke-30, Yayasan Mitra Netra kembali melakukan kerja-kerja peradaban. Salah satunya adalah dengan menerbitkan buku. Sebuah buku tentang  kisah... Selengkapnya

Baca Buku, Review dan Dapatkan Saldo Gopay Untukmu

T 28 Januari 2021 F A admin

Selain tahun berbagi, di tahun 2021 ini, kami, Komunikasyik.com, sebuah Agensi Komunikasi Strategis juga bakal menjalin beragam aksi kolaborasi untuk kemajuan keilmuwan di tanah air. Beberapa alternatif kolaborasi banyak kami pikirkan. Kemudian, setelah kami renungkan, diputuskanlah bahwa aksi kolaborasi yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silakan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Talkshow Komunikasyik: Kreativitas Digital Raih Finansial

Talkshow Komunikasyik: Komunikasi Wisata Pandemi

Talkshow Komunikasyik: Berkomunikasi dengan Al-Quran