Beranda » Tips Komunikasyik » Komunikasi Satu Langkah Ini Bisa Buat Hidup Anda Berubah, Insyaallah!

Komunikasi Satu Langkah Ini Bisa Buat Hidup Anda Berubah, Insyaallah!

T Diposting oleh pada 20 November 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 296 kali

Saya pernah sampaikan perihal komunikasi tiga langkah untuk bisa bertemu dengan orang yang Anda kehendaki. Tak peduli siapapun. Tapi rupanya, proses itu cukup memakan waktu, butuh perjalanan yang tidak sebentar. Lalu muncul pertanyaan, adakah jalan yang lebih pintas lagi? Jawabannya ada. Bagaimana caranya? Ya, sebut saja cara itu adalah komunikasi satu langkah. Sebuah metode yang bisa ubah hidup Anda dalam seketika. Di era media sosial sekarang, semua itu memungkinkan.

Seorang peternak asal Jawa Timur menulis satu poster “Turunkan Harga Jagung”. Saat Presiden Jokowi melintas, poster itu dibentangkan. Memang awalnya diamankan polisi. Tapi kemudian diundang ke istana untuk menjelaskan nasib peternak di sana. Entah, apakah permasalahan itu ada solusinya atau tidak? Yang pasti dengan komunikasi satu langkah itu, “Menulis Poster”, apa yang diinginkan tercapai. Bisa bertemu Jokowi.

Seorang artis menuliskan kisahnya berhubungan dengan perusahaan asuransi. Mengisahkan bagaimana anaknya tidak mendapatkan haknya, mendapatkan asuransi karena kecelakaan yang tak dikehendaki. Padahal iuran (premi) dibayarkan rutin. Pihak asuransi awalnya mengelak, tak mau bayar. Tapi, cuitan di Twitter itu viral, akhirnya pihak asuransi menyerah. Mau membayar klaim asuransi yang diajukan.

Seorang anak remaja, yatim piatu, menuliskan kata-kata singkat di media sosial “ Please Do Your Magic”.  Menawarkan jasa pembuatan sketsa wajah. Saking banyaknya order, kemudian untuk sementara anak itu menutup layanan jasanya. Begitulah kekuatan komunikasi satu langkah.  Bisa buat setidaknya hidup Anda berubah. Dalam kesempatan kali ini, sebut saja aktivitas itu dengan “Menulis”.

Ini hanya salah satu contoh saja praktik komunikasi satu langkah. Pada kesempatan kali ini, satu langkah membuat “Tulisan” yang semua orang saya yakin bisa melakukannya. Tak seperti misalnya harus membuat video dengan editing yang rumit. Komunikasi satu langkah kali ini, cukup dengan “Menulis” saja.

Itu pengalaman orang lain. Pengalaman kecil saya, juga memperlihatkan keberhasilan yang sama.  Misalnya, ketika saya rutin menuliskan soal penyiaran dan literasi media, maka mendapatkan sambutan yang baik dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), ketika saya rutin menulis “Penyiaran Ramah Anak” akhirnya bisa “dipanggil”, berkomunikasi dan berkolaborasi dengan Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak serta dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), ketika saya rutin menulis soal “Bahasa Media”, lantas mendapatkan sambutan baik dari Badan Bahasa. Begitu juga ketika rutin menulis soal “Penulisan Kreatif”, maka pihak sekolah, kampus, instansi pendidikan dan pemerintahan berkenan untuk mengundang, bicara sebagai narasumber “Penulisan Kreatif”.

Itulah praktik komunikasi satu langkah yang bisa Anda lakukan. Orang sering terlilit banyak masalah, juga tidak mendapatkan solusi atas beragam masalah. Padahal, kalau sedikit saja mau membuka diri. Dengan “Menuliskannya”. Tentu di media yang tepat, di waktu yang tepat, maka kesempatan hidup Anda berubah itu sangat mungkin.  Masalah juga sangat mungkin teratasi, terselesaikan karena dikomunikasikan. Inilah rahasia kecil tentang komunikasi satu langkah yang bisa buat Anda berubah. Ya, jika Anda mau melakukannya. Itu saja.

Salam Komunikasyik.

Yons Achmad
Praktisi Komunikasi
CEO Komunikasyik.com
WA: 082123147969

Belum ada Komentar untuk Komunikasi Satu Langkah Ini Bisa Buat Hidup Anda Berubah, Insyaallah!

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Komunikasi Satu Langkah Ini Bisa Buat Hidup Anda Berubah, Insyaallah!

Komunikasi Tiga Langkah

T 16 November 2021 F A admin

Anda ingin bertemu Presiden? Bisa. Cukup tiga langkah. Anda mengusahakan sebuah kawan yang punya jejaring luas. Seseorang ini tentu bisa Anda usahakan sebagai proses langkah pertama. Lantas, bayangkan orang ini punya teman staf khusus presiden. Lalu Anda misalkan keluarkan keinginan... Selengkapnya

Resolusi Komunikasi 2021: Saatnya Kami Berbagi

T 10 Januari 2021 F A admin

2021 bagi kami adalah tahun berbagi. Kami akan lebih rutin lagi berbagi ilmu seputar komunikasi terapan (Kepenulisan, Jurnalistik dan Kehumasan). Kami berharap 2021 adalah angin perubahan bagi kehidupan Anda. Baik dalam karir maupun bisnis. Tetap optimis dan jangan lupa bahagia.... Selengkapnya

Seri Komunikasi Terapan: Menjadi Pembicara Publik

T 2 Februari 2021 F A admin

Seri Komunikasi Terapan kali ini akan mengajak Anda membaca peluang sebagai “Pembicara Publik”. Siapapun Anda yang punya ilmu/pengetahuan, skill/keterampilan sangat berpeluang jadi pembicara publik. Tapi lebih afdolnya ya tulis buku dulu. Itu. Salam Yons Achmad CEO Komunikasyik.com WA: 082123147969

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silakan hubungi kami untuk informasi lengkapnya.

Talkshow Komunikasyik: Kreativitas Digital Raih Finansial

Talkshow Komunikasyik: Komunikasi Wisata Pandemi

Talkshow Komunikasyik: Berkomunikasi dengan Al-Quran