Beranda » Kolom Komunikasyik » 3 Cara Agar Tidak Kehilangan Akal Sehat

3 Cara Agar Tidak Kehilangan Akal Sehat

T Diposting oleh pada 5 Juli 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 65 kali

Pandemi Covid-19 benar-benar menghancurkan segala hal. Manusia bertumbangan, ekonomi hancur, hubungan keluarga (suami-istri) banyak yang berantakan. Banyak yang mengalami kondisi semacam itu. Termasuk juga saya.

Terlepas dari semua itu, bagaimanapun juga, akal sehat harus tetap terjaga. Sekali kehilangan akal sehat, maka bukan kebaikan yang datang, tapi justru kondisi yang semakin menambah runyam.

Setidaknya, ada 3 cara agar kita tidak kehilangan akal sehat. Diantaranya:

Pertama, tetap bersyukur. Yang pertama ini adalah persoalan iman. Seorang muslim, apapun yang terjadi tetap syukur yang dikedepankan. Sepanjang masih bisa bernapas, artinya Allah SWT masih memberikan kesempatan bagi kita untuk terus berjalan, berkiprah memberikan kontribusi terbaiknya.

Kedua, fokus kelebihan. Kalau hanya melihat kekurangan, maka yang terjadi adalah rendah diri. Justru, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa melihat kelebihan. Kita fokuskan untuk melongok ke dalam diri, kelebihan apa yang kita punyai. Dari situlah menjadikan kita bisa berusaha, setidaknya, kelebihan itu sebagai sarana agar solusi-solusi bisa kita tempuh.

Ketiga, lakukan sesuatu. Jangan diam, lakukan sesuatu. Hidup menjadi bermakna bukan karena kita memikirkan sesuatu, tapi kita melakukan sesuatu. Inilah yang kemudian saya lakukan. Setiap masalah bakal selesai kalau kita melakukan sesuatu, termasuk mengkomunikasikannya.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan, agar kita tidak kehilangan akal sehat. Yang menjadikan kita merasa mentok dan mengambil keputusan di luar nalar.

Kita masih diberikan napas, kita masih punya kelebihan. Artinya, kita masih bisa menyelesaikan beragam masalah, tak peduli sebesar apapun masalah itu.

Seperti kata teman bijak yang  berkata “ Ketika takbir dilantunkan, maka semuanya menjadi kecil saja”.

(Yons Achmad. Praktisi Komunikasi.  CEO Komunikasyik.com)

Belum ada Komentar untuk 3 Cara Agar Tidak Kehilangan Akal Sehat

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait 3 Cara Agar Tidak Kehilangan Akal Sehat

Literasi Media Sosial untuk Profesional

T 28 Februari 2021 F A admin

Literasi Media Sosial Untuk Profesional Oleh: Yons Achmad (Pengamat media sosial. CEO Komunikasyik.com) Media sosial adalah kenyataan. Kini, sadar atau tidak kenyataan itu ada di depan mata kita. Terlibat atau tidak di dalamnya, aktif atau tidak di dalamnya, setiap hari... Selengkapnya

Pengamat Medsos: Tafsir Rebranding PKS

T 2 Februari 2021 F A admin

Tafsir Rebranding PKS Oleh: Yons Achmad (Pengamat Media Sosial. CEO Komunikasyik.com) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali melakukan perubahan. Dimulai dari perubahan lambang (logo). Hal ini tentu menarik. Kenapa? Dalam setiap upaya perubahan, tentu mencita-citakan sebuah proses dan hasil yang lebih... Selengkapnya

Kritik “Cuitan” Komunikasi Publik Mahfud MD

T 28 Juli 2021 F A admin

Kritik “Cuitan” Komunikasi Publik Mahfud MD Oleh: Yons Achmad (Pengamat Komunikasi. Pendiri Komunikasyik.com) Komunikasi publik, dalam hal ini kasus cuitan Mahfud MD di Twitter menampakkan bagaimana empati itu tidak hadir dikalangan pejabat pemerintah. Belum lepas dari ingatan, di media sosial... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silakan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Talkshow Komunikasyik: Kreativitas Digital Raih Finansial

Talkshow Komunikasyik: Komunikasi Wisata Pandemi

Talkshow Komunikasyik: Berkomunikasi dengan Al-Quran