Beranda » Jasa Komunikasyik » Pengalaman Menjadi Konsultan Media

Pengalaman Menjadi Konsultan Media

T Diposting oleh pada 5 Juli 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 70 kali

Pengalaman menjadi konsultan media bagi saya tidak datang tiba-tiba. Ada kisah yang mengawali prosesnya.  Dimulai dari belajar jurnalistik di kampus, ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pers kampus. Hingga kemudian menjadi tim pengelola website kampus. Menulis liputan beragam kegiatan saat bekerja paruh waktu (Part time) di bawah Pusat Komputer Kampus.  Di unit rektorat itu, sempat beberapa kali  jadi fasilitator pelatihan menulis, terutama menulis blog. Sejak mahasiswa saya sudah mulai menjual kolom-kolom blog dan juga kolom untuk media massa.

Lepas dari kampus, tidak melamar kerja. Tapi, menjadi penulis lepas serta mengajar ekskul beberapa SMA  di Jakarta. Setidaknya, ada 4 sekolah yang kemudian rutin menerbitkan majalah sekolah versi cetak. Kemudian, menggagas bisnis media kawasan tapi gagal, menggagas beberapa media komunitas tapi juga gagal. Sempat bekerja jadi redaktur di media Islam, tapi kemudian tutup. Lanjut, menggagas media internal perusahaan versi cetak. Era media cetak usai, lalu pindah menggagas dan membantu menerbitkan media online beberapa klien. Setidaknya sekitar 20-an media online berdiri, berjalan beberapa bulan kemudian tumbang karena kurang bagus dalam menerapkan model bisnisnya.

Kondisi bisnis kurang bersahabat, lalu saya balik seperti orang kabanyakan.  Memutuskan bekerja kantoran, walau sebenarnya tidak saya inginkan.  Kemunduran, tapi apa boleh dikata. Saya menjadi staf public relations (PR) pada sebuah lembaga yang berkantor di BPPT, Thamrin, Jakarta. Kemudian, pindah kantor di daerah Tebet. Saya bekerja kantoran lumayan lama. Pengalaman paling besar yang saya dapatkan ketika bekerja kantoran ini, saya mendapatkan banyak sekali jaringan teman-teman wartawan, baik televisi, radio, cetak maupun online. Begitu juga jaringan tokoh-tokoh nasional sebab di lembaga itu, setiap Rabu digelar diskusi internal membahas beragam persoalan bangsa yang diikuti oleh banyak sekali tokoh yang datang silih berganti.

Sekian lama kerja kantoran, saya memutuskan berhenti. Lalu saya menikah. Kemudian membangun  perusahaan konsultan media. Berjalan selama 5 tahun. Sepanjang tahun itu, sekian pekerjaan yang kita lakukan untuk membantu klien. Mulai dari pembuatan website personal untuk tokoh publik, mengelola website beberapa perusahaan dan rumah sakit, membuat film animasi sosialisasi program, membuat jingle lagu sosialisasi, membuat majalah internal (inhouse magazine), menulis buku biografi dan kisah sukses perusahaan,  sampai membuat “Media Center” untuk pemenangan PILKADA dan terlibat perang opini di media sosial.

 Instansi yang telah bekerjasama diantaranya Kementerian Hukum dan HAM (Kumham), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPA), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), beberapa rumah sakit dan sekolah-sekolah. Hanya saja, saya merasa “Brand” yang saya kelola dulu kurang “nendang”. Hingga kemudian saya ubah “Brand” menjadi berbeda. Setidaknya, kedengaran lebih menarik dari sebelumnya. Kini, saya bersama tim siap kembali membantu Anda atau lembaga/perusahaan Anda dengan pekerjaan-pekerjaan sejenis yang pernah kita kerjakan sebelumnya. Kalaupun ada pekerjaan baru yang belum pernah kami kerjakan, saya dan tim juga siap menerima tantangan. Terimakasih.

Salam
Yons Achmad
CEO Komunikasyik.com
WA: 082123147969

Belum ada Komentar untuk Pengalaman Menjadi Konsultan Media

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Pengalaman Menjadi Konsultan Media

Pengalaman Menjadi Penulis Biografi

T 5 Juli 2020 F A admin

“Jika Kau Bukan Anak Raja dan Juga Bukan Anak Ulama Besar, Maka, MENULISLAH” (Imam Al Ghazali) Menjadi penulis biografi. Bagi saya adalah kecelakaan sejarah, walau kemudian pelan-pelan menikmatinya.  Pada akhirnya, malah jadi saya syukuri. Memang, praktiknya kemudian tak selalu menjadi... Selengkapnya

Terbitkan Buku Tanpa Menulis, BISA!

T 28 Juni 2020 F A admin

Anda orang super sibukAnda tidak punya waktu luangAnda bekerja berangkat pagiPulang malam… Tapi Anda ingin menerbitkan buku, bisakah?Jawabannya adalah bisa. Bagaimana caranya? Kami dari komunikasyik.comSebuah perusahaan agensi konten, akan berikan solusinya. Anda cukup duduk dan berceritaKami akan mendengar dan menuliskannya,Menjadi... Selengkapnya

Alasan Pensiunan Harus Menulis Buku

T 12 Juli 2020 F A admin

Anda seorang pensiunan? Apa yang sudah Anda wariskan? Pernahkah berpikir warisan apa yang bisa Anda berikan untuk anak, cucu dan generasi penerus? Warisan yang bakal terus dikenang. Bahkan warisan itu terus mengalir. Bukan sekadar uang yang mengalir, tapi pahala juga... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silakan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.